BALITBANGDA BERKUNJUNG KE BOSCHA OBSERVATORY
Balitbangda Provinsi Melakukan Kunjungan Kerja ke Observatorium Tertua di Indonesia

By Bidang IPTEK Balitbangda 18 Des 2017, 15:00:31 WIBWisata

BALITBANGDA BERKUNJUNG KE BOSCHA OBSERVATORY

Keterangan Gambar :


BALITBANGDA Provinsi Lampung berkunjung ke Boscha Observatory untuk berdiskusi dan melihat langsung pengelolaan observatorium tertua di Indonesia yang telah berusia 100 tahun ini. Tim Balitbangda berdiskusi dengan Prof. Dr. Moedji dari Tehnik Astronomi ITB dan Pak Deny (Ahli Astronomi Boscha).

Dibandingkan Amerika dan negara-negara Eropa yang memiliki banyak obervatorium, Indonesia memang tidak ada apa-apanya. Tetapi ada kekhususan data yang dihasilkan oleh Observatorium Boscha, apalagi tidak ada lagi yang mengamati langit asia tenggara selain observatorium terdekat lain yang ada di Australia dan Thailand. Jika kita tidak berfikir kedepan dan membiarkan Amerika dan Eropa menguasai antariksa, maka jangan salahkan siapa-siapa jika kita hanya menjadi follower.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung dan ITERA-ITB tengah berkolaborasi untuk membangun sebuah Observatorium di Provinsi Lampung. Sumbangsih besar untuk perkembangan ilmu astronomi dan pendidikan di Indonesia ini juga diharapkan dapat menjadi bukti kinerja Gubernur Lampung dalam upaya mendukung tujuan pembangunan yang telah direncanakan.

Rencana besar ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak.... baik itu dari Balibangda Provinsi Lampung dan kita semua. Untuk Lampung yang Maju dan Sejahtera.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook