Hilirisasi Ubi Kayu Lampung
Balitbangda bersama LPPM UNILA melakukan Pembahasan Hilirisasi Ubi Kayu

By Bidang IPTEK Balitbangda 07 Mar 2018, 09:50:04 WIBEkonomi

Hilirisasi Ubi Kayu Lampung

Keterangan Gambar : Rapat Hilirisasi Ubi kayu


Bandar Lampung, Balibangda Provinsi Lampung bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lampung (LPPM UNILA) melakukan pembahasan mengenai kajian Hilirisasi Ubi Kayu Provinsi lampung , Ubikayu sebagai komoditi yang terbesar dihasilkan oleh Provinsi Lampung, seharusnya dapat meningkat kesejahteraan masyarakatdan perekonomian Lampung yang berbasis ubikayu. 

Sampai saat ini produktivitas ubikayu di Lampung masih terbilang rendah dan pasar ubikayu di Lampung hanya mengandalkan pabrik tapioka.  Kondisi tersebut perlu diperbaiki, yaitu dengan meningkatkan produktivitas per hektar dari ubikayu dan mencari teknologi hilir yang lebih beragam untuk meningkatkan demand ubikayu agar harga  ubikayu tidak selalu menjadi masalah yang tidak terpecahkan di Lampung.

Riset yang dapat meningkatkan produktivitas ubikayu (on-farm) dan pengembangan ragam teknologi hilir (off-farm) berskala komersial perlu terus didorong. Peningkatan produktivitas ubi kayu oleh masyarakat (supply) dibarengi dengan peningkatan kapasitas pasar (demand) pada akhirnya akan menambah nilai jual ubi kayu yang bermuara pada peningkatan perekonomian Lampung berbasis ubi kayu.

Dengan adanya Kajian Hilirisasi Ubi Kayu diharapkan dapat bermanfaat bagi Masyarakat dan Dinas pertanian dalam mengambil Program kebijakan kedepannya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook