Balitbangda akan mengadakan webinar IGA dan IID

By Bidang IPTEK Balitbangda 02 Jul 2020, 07:43:55 WIBBuletin

Balitbangda akan mengadakan webinar IGA dan IID

Keterangan Gambar :


WEBINAR INOVASI DAERAH

Balitbangda mengadakan Webinar tentang Indeks Inovasi Daerah (IID) dan Innovative Goverment Award (IGA), Rabu (1/7/2020). Seminar daring tersebut mengundang seluruh kabupaten/kota dan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Seminar yang membahas seputar penilaian IID dan penghargaan IGA tersebut, akan diisi narasumber Kapuslitbang Kementerian Dalam Negeri Matheos Tan, Asisten Pemprov Lampung Taufik Hidayat, dan dimoderatori Kepala Balitbangda Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis.

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, disebutkan dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, Pemerintah Daerah dapat melakukan inovasi (Pasal 386). Kemudian, pemerintah pusat melakukan penilaian terhadap inovasi
yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (Pasal 388 ayat 9). Penilaian terhadap inovasi daerah tersebut, diformulasikan sebagai Indeks Inovasi Daerah.

"Inovasi daerah mencakup semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, baik pada sisi input, proses, output, dan juga outcome dalam tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, dan kewenangan lainnya," kata Kepala Balitbangda Hamartoni Ahadis.

Inovasi pemerintahan daerah ini menjadi tantangan dan kebutuhan di daerah. Tujuannya, untuk meningkatkan efektivitas kinerja pemerintahan dan pembangunan. "Pada era sekarang, kebutuhan untuk inovasi ini semaki tinggi," kata Hamartoni.

Dalam Webinar tersebut, akan disampaikan berbagai aspek penerapan IID dan IGA, sekaligus diberikan tutorial untuk pengisian form aplikasi IID dan IGA, yang harus diisi oleh pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota, paling lambat Agustus 2020 mendatang.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook