Balitbangda Prov. Lampung Gelar Final Presentasi Lomba Inovasi Daerah 2019
Tema : "Inovasi Berkelanjutan untuk Lampung Hebat"

By Bidang IPTEK Balitbangda 31 Jul 2019, 09:50:35 WIBEVENT

Balitbangda Prov. Lampung Gelar Final Presentasi Lomba Inovasi Daerah 2019

Keterangan Gambar : Suasana Acara Final Presentasi Lomba Anugerah Inovasi Daerah Lampung 2019


Tabikpun!!!

BANDAR LAMPUNG - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung menggelar Final Lomba Anugerah Inovasi Daerah Provinsi Lampung Tahun 2019, bertempat di Auditorium Pasca Sarjana Universitas Bandar Lampung, Selasa (30/07/2019).

Perlu diketahui Lomba Anugerah Inovasi Daerah Provinsi Lampung Tahun 2019 merupakan agenda kegiatan tahunan prestisius dari Balitbangda Provinsi Lampung yang sudah berjalan selama lebih dari 15 tahun. Pada kesempatan ini, Balitbangda Provinsi Lampung menggandeng UBL sebagai Mitra Dalam Penyelenggaraan Tahap ke 3 yaitu Final Presentasi Lomba, sebelumnya telah dilaksanakan seleksi makalah (Bulan April-Mei) dan juga site visit peserta (Bulan Juni).

Lomba Anugerah Inovasi Daerah Provinsi Lampung Tahun 2019 ini mengusung thema: “Inovasi Berkelanjutan untuk Lampung Hebat”. Acara Lombanida Lampung 2019, dibuka langsung oleh Kepala Balitbangda Provinsi Ir. Prihatono G. Zain, dalam sambutannya beliau mengungkapkan :  “Potret Provinsi Lampung 5 tahun mendatang, tergantung pada apa yang kita kerjakan hari ini dan selanjutnya yang secara kontinyu dilakukan dalam rangka mewujudkan impian menjadi Lampung Hebat. Keterlibatan kita seberapapun besarnya akan menjadi kontribusi berharga pada wajah keberhasilan pembangunan Provinsi Lampung.  Melalui hasil karya inovasi merupakan bentuk langsung yang riil dan nyata dapat disumbangkan mengejar cita-cita pembangunan”

Pada tahun ini ada 133 (seratus tiga puluh tiga) pendaftar yang memiliki trend kualitas inovasi yang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya derta sebaran peserta juga cukup merata di tiga kategori: umum, peneliti dan pelajar. Untuk menseleksi peserta lomba tersebut, Balitbangda Provinsi Lampung telah menyusun dewan juri dengan komposisi yang sangat kredibel sesuai dengan kompetensinya masing-masing.  Ada 9 (sembilan) juri yang terdiri atas 4 orang Doktor dan 5 orang Master di bidangnya masing-masing.  Juri tersebut mewakili berbagai institusi, yaitu: Universitas Lampung, Universitas Bandar Lampung, B2TP-BPPT, LIPI, Dewan Riset Daerah, BPMPD, CSR dan unsur Balitbangda.

Tujuan dilaksanakan lomba ini adalah:

  1. Mendorong tumbuhnya iklim inovasi dan mendorong terciptanya karya teknologi tepat guna yang bermanfaat.
  2. Menyiapkan produk-produk yang inovtif dan kreatif yang punya potensi masuk ke sektor industri.
  3. Memotivasi masyarakat, peneliti dan pelajar (SMP, SMA/SMK/MAN) untuk menciptakan karya ilmiah yang implementatif yang menggunakan SDA unggulan daerah.
  4. Mengapresiasi hasil karya inovator-inovator baru di Provinsi Lampung.

Sebagai apresiasi atas kerja keras dan hasil karya yang dihasilkan oleh peserta lomba, maka pemenang lomba akan mendapatkan beberapa hadiah berupa: Piala, Sertifikat Penghargaan, Uang Tunai serta beberapa hadiah dari sponsor diantaranya Beasiswa Kuliah dari Universitas Bandar Lampung.

Untuk pemenang lomba dan penyerahan hadiah ini akan di umumkan setelah keluarnya SK Gubernur Lampung tentang Pemenang Lomba Inovasi Lampung 2019.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook