Inovasi Daerah Era New Normal Covid19

By Bidang IPTEK Balitbangda 07 Jun 2020, 16:28:33 WIBBuletin

Inovasi Daerah Era New Normal Covid19

Keterangan Gambar :


INOVASI DAERAH ERA NEW NORMAL COVID-19

Dalam rangka mendorong gerakan nasional menghadapi normal baru (new normal) dan kehidupan masyarakat yang produktif kembali, sesuai protokol Covid-19, seluruh Pemerintah Daerah ditantang melahirkan inovasi guna diterapkan secara efektif di masyarakat.

Inovasi Pemerintah Daerah tersebut akan dikompetisikan dalam "Lomba Inovasi Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19." Pelaksana lomba adalah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Gugus Tugas Covid-19.

Lomba yang diikuti seluruh Pemda provinsi, kabupaten, dan kota se-Indonesia itu akan menjaring berbagai bentuk inovasi menghadapi new normal, terutama pada sektor ekonomi (pasar tradisional/modern, restoran, hotel, dan tempat wisata), pelayanan publik, serta transportasi umum. Kriteria penilaian meliputi unsur pembaruan, replikasi, manfaat, dan protokol Covid-19. 
Tujuan digelarnya lomba ini, antara lain, untuk mendorong gerakan nasional membuat dan melaksanakan protokol Covid-19, membuat kehidupan masyarakat yang produktif kembali, membangkitkan kehidupan ekonomi dan aktivitas bisnis, juga prakondisi dalam membuta simulasi secara masif oleh Pemda.

Tahapan lomba, pada 29 Mei 2020 telah dilakukan sosialisasi dari tim lomba nasional, dilanjutkan tahap pelaksanaan 1 sampai 8 Juni 2020. Tahap penilaian pada 9 sampai 12 Juni, dan pengumuman pemenang 15 Juni 2020. Tim penilai berasal dari gabungan Kemendagri, Kemenkes, Kemenkeu, Kemenparekraf, dan Gugus tugas Covid-19.

Pemerintah Provinsi Lampung secara proaktif membentuk tim lintas Satker untuk merespon lomba tersebut. Berbagai gagasan inovasi dari dinas dan badan digodok dan dimatangkan dalam tim inovasi daerah. 
Dalam rapat awal Tim Inovasi Daerah (31/5/2020), di Command Center Dinas Kominfotik, disepakati seluruh OPD yg terkait mempersiapkan bahan lomba, dalam bentuk video inovasi daerah. Balitbangda dan Dinas Kominfotik Provinsi Lampung aktif mendampingi dalam proses ini. 
Penghargaan dan insentif akan diberikan kepada Pemda yang berhasil menginisiasi inovasi terbaiknya, berupa piagam penghargaan yang ditanda



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook