Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019

  • 12:58 WIB
  • 28 February 2019
  • Super Administrator
  • Dilihat 1273 kali
Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (PAN-RB) kembali menggelar kompetisi inovasi pelayanan publik bagi kementerian, pemerintah daerah, dan lembaga lainnya.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa mengatakan pelayanan publik jangan dilakukan dengan biasa-biasa saja. "Perlu ada terobosan dan lompatan signifikan dalam pelayanan publik, sebagai tuntutan persaingan dan globalisasi," kata Diah dalam pembukaan Rapat Kerja Kick Off Nasional Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik, di Jakarta (28/02).

Kementerian PAN-RB telah mencanangkan one agency one innovation sejak 2013. Tujuannya mendorong munculnya inovasi pelayanan publik di kementerian, pemerintah daerah, lembaga pemerintah lain, juga BUMN dan BUMD. Agenda ini merupakan bagian dari agenda reformasi birokrasi.

"Kompetisi inovasi ini sebagai langkah strategis bagi kementerian, pemerintah daerah, lembaga pemerintah lain, serta BUMN dan BUMD. Inovasi yang sudah dilakukan harus dipelihara, terlembaga, dan berkelanjutan," kata Diah.

Memasuki tahun keenam kompetisi inovasi pelayanan publik ini, diarahkan untuk percepatan transfer knowledge inovasi pelayanan publik. Berbagi inovasi dengan semua institusi pemerintah. "Tahun keenam ini kita mendorong studi tiru, sehingga inovasi di satu tempat bisa diadopsi di tempat lain," ujar dia.

Kementerian Keuangan juga telah menyalurkan dana insentif daerah (DID) guna penguatan inovasi pelayanan publik. Meski, dalam implementasinya masih dijumpai tidak sesuai peruntukannya.

Tujuan desentralisasi fiskal untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik, dan mewujudkan kesejahteraan rakyat, belum tercapai secara optimal. Kesenjangan kualitas pelayanan publik antarpemerintah daerah masih tinggi.

819

Post Berita

Post Terbaru