Kunjungan Museum Ketransmigrasian ini

Balitbangda Provinsi Lampung mendapat kunjungan dari UPTD Museum Ketransmigrasian Lampung, Kamis 13 Oktober 2022. Pada kesempatan ini kepala UPTD Museum Ketransmigrasian Ibu. Hana Kurniati menyampaikan terkait Revitalisasi Museum Ketransmigrasian dimana pengelolaan museum dengan baik tidaklah semudah seperti yang diharapkan ketika mendirikan museum. Pada umumnya dalam pengelolaan museum ke depannya kurang memperhatikan masalah sumber daya manusia dan pendanaan, sehingga museum yang didirikan seiring berjalannya waktu tidak dapat tampil dengan baik. Bahkan tidak jarang museum yang telah berdiri tidak dapat melanjutkan kelangsungan hidupnya. Hal ini terbentur oleh biaya pemeliharaan yang cukup besar, persoalan ketersediaan SDM museum yang terlatih dan mahir dalam pemeliharaan, perawatan, dan penyajian koleksi museum, serta program publik dalam mengkomunikasikan kepada masyarakat.
.
Revitalisasi museum diprogramkan agar museum di Indonesia berjalan sesuai dengan tugas dan fungsi museum dengan baik. Revitalisasi museum menjadi salah satu upaya meningkatkan kualitas museum dalam melayani masyarakat yang sesuai dengan fungsinya sehingga museum dapat menjadi tujuan yang dirasakan sebagai kebutuhan untuk dikunjungi. Selain itu, revitalisasi merupakan proses memperbaiki mutu dari segala aspek yang ada untuk meningkatkan potensi yang dimiliki museum sebagai sebuah lembaga.

#lampung #pemprovlampung #gubernurlampung #wagublampung #arinal_djunaidi #noenia_ch #arinalnunik #ProvinsiLampungBerjaya #RakyatLampungBerjaya #lampungthetreasureofsumatra #waykanan #lampungbarat #pesisirbarat #lampungutara #tulangbawang #tulangbawangbarat #mesuji #lampungtengah #bandarlampung #hpn #haripersnasional